Simulasi Perfect Shifting

Salam Roda Dua

Waktunya simulasi Perfect Shifting

Speedo dilengkapi RPM Meter mempermudah proses shifting

Misalkan motor sport dengan 5 gear & terdapat RPM Meter pada speedo
"Kalo gini sih gampang aja, tinggal pantau redline doang. Intinya kita harus pindah gear tiap mendekati redline. Selesai permasalahan"
Tanpa RPM Meter, kalkulasi pun jadi

Trus gimana kalo tanpa RPM Meter, taruhlah motor moped dengan 4 gear
"Mari kita tengok rincian simulasi Perfect Shifting 85~90 persen dari limiter (on GPS):
  • gear 1 limiter pada 50kph, shifting harus antara 42~45kph
  • gear 2 limiter pada 75kph, shifting harus antara 64~68kph
  • gear 3 limiter pada 100kph, shifting harus antara 85~90kph
  • gear 4 limiter pada 122kph, silahkan memilih lintasan yang mendukung
Begitulah kira-kira kalkulasi Perfect Shifting pada speedo tanpa RPM Meter"
Hindari keterlambatan shifting
Hindari shifting terlalu dini

Poin Penting :
  • Ketika shifting terlambat akan menyebabkan bukaan gas terlalu besar, sehingga suplai bahan bakar akan konstan tertahan cukup deras. Inilah penyebab borosnya konsumsi bahan bakar.
  • Posisi Perfect Shifting berada pada puncak grafik performa. Ketika shifting terlambat, maka sudah terjadi penurunan grafik performa setelah melewati puncaknya di posisi Perfect. Hal ini menyebabkan gear berikutnya terbebani & tidak mampu meraih top speed.
  • Shifting terlalu dini, yaitu ketika grafik performa belum mencapai puncaknya juga akan menyebabkan gear berikutnya tidak mampu meraih top speed.
  • Efek lain dari Shifting terlalu dini adalah belum tercapainya power & torsi maksimal, sehingga pada gear berikutnya akselerasi motor berjalan dengan lambat. Selain itu, motor juga terasa kurang bertenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar